Uncategorized

Kemendagri Siapkan Tiga Pj Gubernur Provinsi Baru di Papua

Kemendagri Siapkan Tiga Pj Gubernur Provinsi Baru di Papua

Pemerintah Pusat dalam hal ini Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) sedang mempersiapkan penjabat (pj) gubernur 3 Daerah Otonomi Baru (DOB) atau provinsi baru di Papua meliputi Provinsi Papua Selatan, Provinsi Papua Tengah, dan Provinsi Papua Pegunungan yang segera dilantik.

Demikian disampaikan Staf Khusus Menteri Dalam Negeri (Stafsus Mendagri) tentang Otonomi Khusus (Otsus) Papua, Michael Manufandu kepada Tribun-Papua.com di Merauke, Minggu (23/10/2022).

Dia mengakui, 6 bulan setelah disahkan Undang-Undang (UU) Nomor 14 Tahun 2022 tentang pembentukan DOB Papua Selatan, UU Nomor 15 Tahun 2022 tentang pembentukan DOB Papua Pegunungan, UU Nomor 16 Tahun 2022 tentang pembentukan DOB Papua Tengah maka langsung dilakukan pelantikan Pj Gubernur dengan perangkat-perangkatnya.

“Sekarang ini pempus sedang menunggu dan mempersiapkan siapa Pj gubernurnya. Kita sudah cari yang memenuhi syarat, karena Pj gubernur bukan jabatan politik. Tidak bisa dipilih, tapi Pj gubernur harus ditunjuk,” tegas tokoh senior di Papua.

Ditanya bocoran nama Pj gubernur 3 DOB di Papua, Michael Manufandu mengungkapkan, Kemendagri sedang menyusun kriteria-kriteria menurut UU Nomor 14 tahun 2022, UU Nomor 15 Tahun 2022 dan UU Nomor 16 Tahun 2022.

Mantan Dubes RI untuk Kolombia ini menjelaskan, Pj gubernur adalah jabatan karir sehingga harus ditunjuk oleh pempus.

Salah satu syarat utama, Aparatur Sipil Negara yang pernah menduduki jabatan pimpinan tinggi madya atau eselon I di kementrian.

“Pj gubernur jabatan karir makanya harus ditunjuk pejabat yang memenuhi syarat yaitu harus dia pernah menduduki jabatan eselon 1 di kementrian,” tegasnya.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close