Uncategorized

Jelang HUT RI ke-77, Wamen LHK: Bangun IKN, Sepaku Maju dan Sejahtera

 

Jelang HUT RI ke-77, Wamen LHK: Bangun IKN, Sepaku Maju dan Sejahtera

Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Wamen LHK) Alue Dohong di Kecamatan Sepaku membuka Festival Sepaku yang diselenggarakan dengan dukungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) bersama Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Minggu (7/8/2022). Festival Sepaku Ibu Kota Nusantara (IKN) diselenggarakan untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-77.

“Festival Sepaku bertujuan untuk mengajak warga masyarakat Kecamatan Sepaku menyambut hadirnya IKN dengan kegembiraan, kebahagiaan dan suka cita. Mari kita semua sambut IKN dengan semangat optimisme,” ujar Wakil Menteri LHK, Alue Dohong dalam keterangannya, Senin (8/8/2022).

Panitia Festival Sepaku IKN sudah mempersiapkan berbagai pertandingan eksebisi dan kompetisi, seperti sepakbola, bulu tangkis, dan bola voli. Festival ini juga akan dimeriahkan dengan Pesta Rakyat yang diisi lomba permainan anak, lomba panjat pinang dan juga pentas seni, serta yang tak kalah seru lomba kebersihan desa. Panitia juga akan mengajak masyarakat untuk melakukan penanaman pohon.

Wamen Alue menjelaskan jika sebagaimana telah diketahui bersama, dengan diundangkannya UU No. 3 Tahun 2022 tentang Ibu Kota Negara Nusantara, proses pemindahan, pembangunan dan penyelenggaraan IKN Nusantara telah memiliki landasan hukum yang kuat.

Hal ini menjadi momentum penting untuk melakukan reformasi dan transformasi struktural dalam berbagai bidang termasuk membangun kehidupan dan peradaban ekologis yang berkelanjutan dan ramah lingkungan, yang tentunya juga akan dan harus dapat dinikmati oleh warga Sepaku, warga Kabupaten PPU, dan masyarakat Indonesia pada umumnya.

Unsur-unsur penting kota berkelanjutan tersebut antara lain: 1) Mengelola sumber daya secara efektif tepat guna; 2) Pemanfaatan sumberdaya air dan energi yang efisien dan efektif; 3) Pengelolaan sampah berbasis sirkular ekonomi; dan 4) Lingkungan alam dan binaan yang sinergis dengan konsep kota di dalam hutan (forest city) untuk memastikan kelestarian lingkungan dengan minimal 75 persen kawasan hijau serta menyeimbangkan ekologi alam, kawasan terbangun, dan sistem sosial yang ada secara harmonis.

Pembangunan dan pengembangan IKN dilaksanakan berdasarkan prinsip-prinsip antara lain:  1) Keseimbangan ekologi, yaitu mendesain Ibu Kota Nusantara sesuai dengan kondisi alam, termasuk memprioritaskan kawasan lindung dan ruang hijau; dan 2) Keberlanjutan pembangunan, yaitu mewujudkan IKN hemat energi, pemanfaatan energi terbarukan dan rendah emisi karbon.

“IKN akan memberikan manfaat bagi semua. Bangun IKN, Sepaku Maju dan Sejahtera, sebagaimana tema kegitan ini. Selepas pembukaan ini, kita akan melakukan jalan santai bersama,” ungkap Wamen Alue.

Pada kesempatan tersebut, Plt Bupati PPU Hamdam Pongrewa menyampaikan ucapan terima kasih yang setingi-tingginya kepada ibu Menteri LHK beserta jajaran atas dukungan kegiatan Festival Sepaku IKN.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close