BeritaNasional

Hasil Survei SMRC Warga Puas Kinerja Jokowi, Stafsus Mensesneg: Jadi Motivasi Semakin Baik

Presiden Joko Widodo menyampaikan keterangan terkait cuti bersama Idul Fitri 1443 Hijriah di Istana Bogor, Jawa Barat, Rabu (6/4/2022). ANTARA FOTO/BPMI/rwa.

Staf Khusus Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg), Faldo Maldini mengatakan, Presiden Joko Widodo selalu melakukan yang terbaik dalam menjalankan tugas.

Hal ini disampaikannya menanggapi hasil survei dari Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) yang mencatat tingkat kepuasan warga terhadap kinerja presiden sebesar 76,7 persen.

“Presiden selalu melakukan yang terbaik dalam menjalankan tugas, dinilai memuaskan tentunya jadi motivasi, menjadi semakin baik untuk seluruh jajaran,” ujar Faldo dalam keterangan tertulis kepada wartawan, Jumat (20/5/2022).

Adapun dalam hasil survei SMRC menyebutkan, salah satu faktor pendukung tingkat kepuasan tersebut yakni penyelenggaraan mudik oleh pemerintah yang dinilai cukup memuaskan.

Menurut Faldo, penyelenggaraan mudik pada Lebaran tahun ini sangat menantang karena selama dua tahun masyarakat dibatasi mobilitasnya.

Berbagai persiapan yang melibatkan pemerintah pusat di berbagai sektor hingga daerah memperlihatkan hasil yang diharapkan.

“Semuanya sudah bekerja baik. Kami apresiasi masyarakat yang dapat sama-sama bisa menjaga semuanya kondusif,” tutur Faldo.

“Penyelenggaraan mudik selanjutnya, tentunya akan punya ekspektasi yang lebih besar, dengan kepuasan hari ini. Semua pembelajaran dari penyelenggaraan mudik ini akan membuat kita lebih baik lagi,” tambahnya.

Diberitakan sebelumnya, hasil survei SMRC mengungkapkan kepuasan publik pada kinerja Presiden Joko Widodo mengalami peningkatan.

Berdasarkan survei yang digelar pada 10-12 Mei 2022 itu, tingkat kepuasan terhadap kinerja Jokowi sebesar 76,7 persen.

Hasil ini mengalami kenaikan dibandingkan survei pada 12-15 April 2022 yang mencatat kepuasan warga terhadap kinerja Jokowi sebesar 65,5 persen.
“Sebanyak 76,7 persen warga mengaku sangat atau cukup puas dengan kinerja presiden. Sementara yang menyatakan kurang atau tidak puas sama sekali sebanyak 20,9 persen. Ada 2,4 persen yang tidak menjawab,” ujar Direktur Eksekutif SMRC Sirojudin Abbas dilansir dari siaran persnya pada Rabu (18/5/2022).

Abbas menjelaskan bahwa kepuasan pada kinerja presiden ini tampak berhubungan dengan penilaian warga atas kinerja pemerintah dalam menangani wabah Covid-19 dan penyelenggaraan mudik.

Sekitar 76 persen warga merasa sangat atau cukup puas dengan kerja pemerintah dalam penyelenggaraan mudik tahun ini.

“Yang merasa kurang atau tidak puas sama sekali sekitar 9 persen, dan yang tidak tahu atau tidak jawab 15 persen,” lanjut Abbas.

Sementara itu, sekitar 75 persen warga merasa puas dengan kerja pemerintah pusat menangani Covid-19.

Yang kurang atau tidak puas sekitar 22 persen, dan yang tidak tahu atau tidak menjawab sekitar 3 persen.

Abbas juga menjelaskan bahwa sentimen positif atas kinerja pemerintah pusat menangani Covid-19 pada survei terakhir 10-12 Mei 2022 ini pun mengalami kenaikan dibanding hasil survei sebelumnya dalam setahun terakhir yang rata-rata di bawah 70 persen.

“Warga yang merasa puas dengan kinerja pemerintah dalam menangani wabah Covid-19 dan penyelenggaraan mudik cenderung merasa puas dengan kinerja Presiden Jokowi. Begitupun sebaliknya,” simpulnya.

Adapun survei ini dilakukan melalui telepon dengan target populasi warga negara Indonesia yang berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah dan memiliki telepon/cellphone, sekitar 79 persen dari total populasi nasional.

Pemilihan sampel dilakukan melalui metode random digit dialing (RDD).

Sampel yang digunakan sebanyak 1.245 responden dipilih melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak, validasi, dan screening.

Margin of error survei diperkirakan ± 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen, asumsi simple random sampling.

Wawancara dengan responden dilakukan lewat telepon oleh pewawancara yang dilatih pada 10–12 Mei 2022.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close