Uncategorized

Indonesia-AS Sepakat Gencatan Senjata Israel-Palestina Harus Dimanfaatkan untuk Redakan Ketegangan

Pemerintah Indonesia dan Amerika Serikat (AS) menyambut gencatan senjata antara Israel dan Palestina di Jalur Gaza. Wakil Menteri Luar Negeri RI, Mahendra Siregar mengatakan momentun gencatan senjata tersebut harus dapat dimanfaatkan.

“Kami menyampaikan kepada Amerika Serikat bahwa Indonesia menyambut baik gencatan senjata yang tengah berlangsung dan kami berdua merasa bahwa momentum ini harus dimanfaatkan untuk meredakan ketegangan,” ujar Mahendra saat konferensi pers bersama Wakil Menteri Luar Negeri AS Wendy R Sherman, yang digelar secara virtual, Senin (31/5/2021).

Gencatan senjata telah disepakati Israel dan Palestina pada Jumat 21 Mei 2021. Hal ini terjadi setelah terjadi konflik bersenjata selama 11 hari yang telah menewaskan ratusan orang, terutama di kalangan masyarakat Palestina.

Mahendra juga menyampaikan Indonesia mengapresiasi posisi AS di bawah kepemimpinan Joe Biden yang mendukung solusi dua negara dalam menyelesaikan konflik antara Israel dan Palestina. Ia juga menyatakan Indonesia memiliki kesiapan untuk berkontribusi dalam mewujudkan solusi tersebut.

Solusi dua negara merupakan solusi bagi Israel dan Palestina dengan cara mendirikan negara masing-masing dan hidup damai berdampingan.

Sebelumnya, Jumat (21/5/2021) Presiden AS Joe Biden, berjanji untuk membantu mengatur upaya membangun kembali Gaza dan mengatakan menciptakan solusi dua negara Palestina dan Israel adalah “satu-satunya jawaban”. Hal tersebut juga dinyatakan kembali oleh Menlu AS, Anthony Blinken pada Rabu (26/5/2021), yang mendukung solusi dua negara untuk menyelesaikan konflik Israel dan Palestina jika kondisi yang tepat dipenuhi. Gagasan solusi dua negara ini telah menjadi landasan diplomasi internasional selama beberapa dekade yang bertujuan mengakhiri konflik Israel-Palestina.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close