BeritaNasional

Kepala Daerah Wajib Tegakkan Protokol Kesehatan

Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menegaskan kepala daerah wajib menegakkan protokol kesehatan untuk keselamatan dan keamanan masyarakat dari penularan virus Covid-19.

Staf Khusus (Stafsus) Ketua Dewan Pengarah BPIP, Antonius Benny Susetyo menegaskan ditengah upaya tenaga kesehatan dan masyarakat menghentikan penyebaran Covid-19, ternyata masih ada saja sekelompok masyarakat yang enggan mematuhi protokol kesehatan.

Selain itu, ada oknum kepala daerah yang kurang tegas dalam menindak pelanggaran protokol kesehatan. Karena itu, BPIP meminta kepala daerah wajib menegakan protokol kesehatan.

“Kewajiban kepala daerah untuk menegakkan aturan protokol kesehatan dengan konsisten dan tidak diskriminasi dalam penegakan hukum,” kata Antonius Benny Susetyo dalam keterangannya, Senin (16/11/2020).

Benny mengatakan, jika kepala daerah tidak tegas dan cenderung mengabaikan penegakan protokol kesehatan, maka akan berakibat buruk bagi publik untuk mentaati protokol kesehatan.

“Penegakan hukum mentaati protokol kesehatan tidak konsisten, akan menimbulkan apatisme publik,” ujar Antonius Benny Susetyo.

Menurut rohaniwan yang akrab disapa Romo Benny Susetyo ini, kedisiplinan dalam meningkatkan ketaatan protokol kesehatan untuk mengatasi Covid-19 ini akan terjadi bila ada keteladanan dan kewibawaan dari kepala daerah untuk menegakkan aturan protokol kesehatan.

Apalagi, masyarakat masih membutuhkan keteladanan para kepala daerah, dalam menegakkan aturan main yang konsisten dan berpihak kepentingan publik.

Romo Benny menegaskan kebijakan kepala daerah yang tidak konsisten menegakkan aturan protokol kesehatan, maka ketaatan publik sulit di tegakkan. Karena itu, BPIP mengharapkan kepala daerah, BNPB, dan kepolisian dapat bersinergi menegaskan protokol kesehatan tanpa diskriminatif dan memberikan keistimewaan pihak tertentu.

“Hukum harusnya ditegakkan tanpa pilih kasih,” tegas Romo Benny.

https://www.beritasatu.com/feri-awan-hidayat/nasional/699269/bpip-tegaskan-kepala-daerah-wajib-tegakkan-protokol-kesehatan

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close