Uncategorized

BPIP Mantapkan Penyusunan Arah Kebijakan Pembinaan Ideologi Pancasila

Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) melalui Deputi Bidang Pengkajian dan Materi menggelar Focus Group Discussion (FGD) Penyusunan Arah Kebijakan Pembinaan Ideologi Pancasila, Selasa 20 Oktober 2020 di Tangerang Selatan.

Penyusunan Arah Kebijakan Pembinaan Ideologi Pancasila ini sebagai upaya memantapkan PIP sebagaimana Peraturan Presiden Nomor 7 Tahun 2018 dan Peraturan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila.
Baca Juga

Arah Kebijakan PIP merupakan sebuah dokumen strategis yang memuat arah, tantangan dan strategi kebijakan yang diperlukan untuk melakukan program PIP secara berkesinambungan.

Menurut Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Prof. Drs. K.H Yudian Wahyudi, M.A., Ph.D Proses Penyusunan Arah Kebijakan Pembinaan Ideologi Pancasila perlu juga mempertimbangkan sejumlah peraturan terkait dan tingkat ketercapaian program yang terukur.

“Strategi dan tahapan program yang dihadirkan di dalamnya diharapkan mampu dirujuk oleh berbagai stakeholders guna menghasilkan program PIP yang efektif”, ucapnya.

Dirinya juga berharap selain kedeputian, Pimpinan Madya dan Pratama dapat terlibat dalam penyusunan sehingga Arah Kebijakan nantinya mampu menjawab seluruh tantangan yang akan dihadapi.

“Saya juga menekankan seluruh kedeputian, pimpinan madya dan pratama dapat terlibat dalam penyusunan ini,” tegasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Deputi Bidang Pengkajian dan Materi Prof. Dr. Adji Samekto., M.Hum mengatakan pelaksanaan kegiatan ini untuk mendapatkan masukan dalam proses penyusunan Arah Kebijakan Pembinaan Ideologi Pancasila.

“FGD ini untuk mendapatkan masukan dari berbagai stakeholders dan nantinya akan menjadi catatan-catatan untuk memantapkan Arah Kebijakan”, terangnya.
Prof. Adji juga menegaskan tujuan FGD ini untuk menyusun draft dokumen Arah Kebijakan Pembinaan Ideologi Pancasila. Yang memuat arah atau tujuan dan strategi yang diperlukan.

“Tujuan dan strategi ini nantinya digunakan bagi seluruh Lembaga Negara. Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah, Partai Politik. Ormas, dan stakeholders yang berkaitan dalam pelaksanaan program PIP.

Dalam kegiatan tersebut dihadiri Wakil Ketua Dewan Pengarah Try Sutrisno (zoom). Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah, Kedeputian, Pimpinan Madya dan Pratama di lingkungan BPIP. Tenaga Ahli DPR dan Dirjen Peraturan Perundang-undangan Kemenkumham.

Sumber : https://nusadaily.com/metro/bpip-mantapkan-penyusunan-arah-kebijakan-pembinaan-ideologi-pancasila.html

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close