Uncategorized

BPIP: Penguatan Literasi, Kunci Hadapi Intoleransi

INDOPOSNET – Intoleransi masih menjadi masalah yang sering ditemui. Literasi disebut sebagai kunci dalam menghadapi intoleransi.

Staf Khusus (Stafsus) Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Antonius Benny Susetyo mengatakan literasi dan kedewasaan diperlukan dalam merespon informasi yang diterima.

“Menyikapi beragam informasi yang diterima perlu sikap kedewasaan. Dalam menerima informasi, mengolah informasi, dan menghadapi informasi, ini yang harus dipelajari. Belajar memahami perbedaan juga harus ditanamkan,” ujar Rohaniawan yang akrab disapa Romo Benny dalam Dialog Kerukunan Agama Katolik Tingkat Nasional yang diselenggarakan Kementerian Agama Republik Indonesia di Bali, Minggu (11/10/2020).

Menurut Benny, Indonesia terlahir dari perbedaan, dan sudah terbiasa saling menghargai. Penyebab intoleransi disebut karena budaya menghormati perbedaan yang luntur.

“(Tindakan intoleransi, red) ini (terjadi) karena pemahaman mengenai kultur budaya Indonesia dan menghormati perbedaan mulai luntur. Ini karena pemahaman budaya yang kurang utuh,” katanya.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close