Uncategorized

Veteran TNI-Polri Dukung RUU HIP Diganti RUU PIP

INDOPOSNET – Wakil Presiden ke-6 Republik Indonesia, Try Sutrisno bersama veteran dan purnawirawan TNI-Polri menyatakan mendukung Rancangan Undang-Undang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP) diganti menjadi RUU Pembinaan Ideologi Pancasila (PIP). Try mengatrakan pergantian itu juga harus mencakup hingga isinya.

“Kedatangan kami kesini untuk memberikan saran dan pandangan bahwa UU itu diharapkan sudah harus diganti, baik nomenklaturnya, judul maupun isinya,” kata Try Sutrisno dalam konferensi pers usai menemui Pimpinan MPR RI, di Kompleks Parlemen, Jakarta.

Try menjelaskan kalau RUU tersebut bernama HIP maka akan menimbulkan kontroversi karena seharusnya Pancasila sebagai fundamental negara ada di atas. Try khawatir kalau penamaannya Haluan Pancasila bisa menimbulkan berbagai tafsir karena seharusnya Pancasila tidak sepatutnya diatur melalui UU.

“Kalau rencana diubah menjadi RUU PIP, yang dibina adalah mempraktekan dan menjabarkan Pancasila dalam tingkah laku sehari-hari untuk menjadi tuntunan tingkah laku bagi warga negara,” ujarnya.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close