Uncategorized

Satu Hari Kunjungi Dua Pasar, Jokowi: Harga Relatif Stabil

Bogor – Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini mengunjungi dua pasar sekaligus. Pasar pertama yang dikunjungi ialah Pasar Minggu di Jakarta Selatan, dan kedua ialah Pasar Modern di Bintaro, Tangerang Selatan.

Apa tujuan Jokowi?

“Ya cek harga saja. Terutama tadi saya pikir ada ternyata beras terpenting. Ya relatif sangat stabil,” kata Jokowi di Gedung Laga Tangkas Cibinong, Bogor, Jawa Barat, Jumat (22/2/2019).

Jokowi mengatakan, bahwa pengecekan harga tersebut penting dilakukan untuk bisa mendapat informasi secara langsung dari lapangan. Sebab, Jokowi ingin tak ada kenaikan harga sedikit pun saat mendekati musim panen ini.

“Ya supaya nggak ada kenaikan (harga). Sekecil apapun jangan sampai. Karena juga ini mau panen. Maret, awal Maret mau panen. Mungkin pertengahan sampai April panen raya,” jelas Jokowi.

Jokowi juga mengatakan menjaga harga pangan tetap stabil bukan lah hal yang mudah. Sebab, harga pangan seperti beras harus dikendalikan secara hati-hati agar tak merugikan siapapun.

“Harga itu bukan hanya naik, turun pun harus dikendalikan. Keseimbangan itu yang sulit. Artinya apa? Kalau beras turun petani nanti teriak semua, hati-hati. Ini mengendalikan keseimbangan seperti ini tidak gampang,” tambah Jokowi.

“Karena stok di Bulog ini masih banyak. Tapi memang stok untuk cadangan strategis, untuk bencana, untuk kalau gagal panen, ada hama tapi di petani sendiri sementara panen raya,” sambungnya.

Lebih dari itu Jokowi juga mengatakan, pengecekan ke lapangan juga untuk memastikan bahwa tidak ada harga yang mengalami penurunan. Hasilnya, harga di lapangan masih terkendali.

“Kita mau cek, kita takutnya malah turun. Kita cek tadi turun nggak, turun juga kita harus melakukan sesuatu. Pembelian harus lebih banyak kalau harga turun itu. Dikendalikan oleh Bulog. Mengendalikan seperti itu nggak gampang loh,” tutur Jokowi.

SUMBER

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close