Uncategorized

Hasil Survei: Jokowi Unggul di Kalangan Milenial

JAKARTA – Pemilihan Umum 2019 sebagian besar akan diikuti pemilih dari kalangan generasi milenial.

Berdasarkan hasil sigi Center for Political Communication Studies (CPCS) menemukan bahwa pasangan calon Jokowi-Ma’ruf meraup dukungan hingga 49,3 persen dibanding Prabowo-Sandi yang hanya mendapat 28,8 persen.

Direktur Eksekutif CPCS Tri Okta mengatakan, pada semua kelompok umur, pasangan Jokowi-Ma’ruf juga masih unggul dari Prabowo-Sandi.

“Sedangkan pada semua kelompok umur, Jokowi-Ma’ruf juga mengungguli Prabowo-Sandi, yaitu 53,8 persen berbanding 30,6 persen,” ungkap Okta dalam press release di Jakarta, Senin (28/1/2019).

Menurut Okta, kesuksesan Jokowi merebut hati milenial, lantaran kerap menggunakan metode komunikasi yang disukai milenial.

Ia menyontohkan Jokowi yang aktif di media sosial.

“Tidak hanya aktif ngevlog dan media sosial, gaya Jokowi seperti mengendarai motor chopper dan menggemari musik metal sangat pas buat milenial,” tutur Okta.

Meskipun demikian, kedua kubu capres-cawapres maupun penyelenggara pemilu harus mencermati tingginya peluang golput generasi milenial.

Sebab, responden yang belum memutuskan atau masih merahasiakan pilihannya meningkat dari 15,7 persen pada semua kelompok umur menjadi 21,7 persen pada kelompok milenial dan pemilih pemula.

Waktu yang tersisa kurang dari tiga bulan, ucap Okta, menjadi pekerjaan rumah bagi berbagai pihak terutama Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk lebih aktif melakukan sosialisasi khususnya kepada calon pemilih pemula dan milenial.

Generasi milenial merupakan pengguna aktif internet dan medsos, serta cenderung tidak menyukai cara-cara konvensional dalam tradisi politik lama.

Perlu metode komunikasi politik yang lebih kreatif dan kekinian untuk menjaring aspirasi generasi milenial.

“Golput tidak perlu dicemaskan asalkan milenial dapat diyakinkan untuk berpartisipasi,” kata Okta.

Survei CPCS dilakukan pada 2-11 Januari 2019, dengan jumlah responden 1200 orang mewakili seluruh provinsi.

Metode survei adalah multistage random sampling dengan margin of error ±2,9 persen dan pada tingkat kepercayaan 95 persen. Pemilih pemula dan milenial yang berusia antara 17 hingga 35 tahun mencakup 34,3 persen responden.

Sumber : Tribun

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close