BeritaNasionalPemilu 2019Politik

Kubu Prabowo Sebut Bocoran Debat Untungkan Jokowi, TKN Jokowi : Mereka Grogi dan Cari Perhatian

Timses Prabowo-Sandiaga Uno menyebut capres Jokowi bisa menyontek karena diberitahukan pertanyaan capres-cawapres sebelum debat Pilpres 2019. Jubir Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf Amin Ace Hasan Syadzily membela.

“Pernyataan Tim Prabowo-Sandi yang menyatakan debat menguntungkan Jokowi menunjukkan mereka semakin grogi hadapi debat,” kata Ace Hasan kepada wartawan, Minggu (6/1/2019).

Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Andre Rosiade, menyebut cara KPU akan memberitahukan pertanyaan kepada capres-cawapres menguntungkan Jokowi. Sebab Jokowi dinilainya kerap membawa contekan untuk menjawab pertanyaan.

Kembali kepada Ace Hasan, Politisi Golkar itu mengatakan timses Prabowo-Sandi semakin sadar pasangan capres-cawapresnya tidak mempunyai pengalaman dalam pemerintahan, serta tidak mempunyai konsep yang jelas.

“Timses Prabowo semakin sadar bahwa jagoan mereka tidak punya pengalaman dalam pemerintahan serta tidak punya konsep-konsep yang jelas. Sehingga mereka takut konsep mereka dibabat saat debat oleh Jokowi yang berpengalaman dalam aspek teknis pemerintahan,” jelas Ace.

Menurut Ace, apa yang dilakukan KPU berdasarkan persetujuan TKN Jokowi-Ma’ruf dan BPN Prabowo-Sandi.

“Padahal apa yang diputuskan KPU sudah hasil persetujuan wakil dari masing-masing Pasangan calon. Ini artinya, diantara mereka sudah tidak sinkron, tidak sinergis, kacau dalam menentukan strategi debat jagoan mereka,” kata Ace.

“Maksud KPU memberikan kisi-kisi pertanyaan sudah jelas, agar gagasan yang disampaikan oleh pasangan calon bisa lebih diuraikan dengan jelas dan utuh. Apa visinya jika terpilih, apa misinya untuk membangun bangsa, dan apa programnya untuk mengatasi berbagai masalah rakyat,” lanjut dia.

Dia meminta kubu Prabowo-Sandi tidak usah takut dalam menghadapi debat capres-cawapres. Dalam debat tersebut ada sesi tanya-jawab antara pasangan calon.

“Jadi seharusnya paslon 02 jangan takut dengan perdebatan,” tutur dia.

Selain itu, Ace mengatakan kubu Prabowo-Sandi juga ingin memasukan partisan dalam panelis debat capres yaitu Bambang Widjajanto. Namun mantan komisioner KPK itu sudah dicoret oleh KPU.

“Protes timses Prabowo menelan ludah sendiri setelah BW (Bambang Widjajanto) ditolak oleh KPU sebagai panelis. Timses Prabowo berupaya memasukan figur partisan sebagai panelis untuk menyusun pertanyaan yang juga partisan. Seharusnya panelis dikenal sebagai figur yang punya integritas keilmuan dan netral,” jelas Ace.

Sumber

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close