BeritaNasional

Ini 3 Fokus Pemerintahan Jokowi di 2019

Indopos.net  – Memasuki 2019, Presiden Joko “Jokowi” Widodo memberikan pesan untuk Indonesia ke depannya. Salah satunya adalah dengan menjaga ketertiban dan keamanan dalam Pemilu 2019 serentak mendatang.

Lantas, apa saja pesan Presiden Jokowi untuk tahun 2019?

1. Jokowi minta agar SDM menjadi fokus di tahun 2019

Jokowi yang sempat menyampaikan bahwa pertumbuhan ekonomi di Indonesia mengalami peningkatan, mengingatkan agar ke depannya Indonesia bisa fokus terhadap sumber daya manusia (SDM).

“Kita perkuat human capital secara besar-besaran dengan melakukan training, dengan mengangkat lagi masalah vocational schoolvocational training, dan ini akan menjadi kekuatan kita,” kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta Pusat, Senin (7/1).

2. Jokowi meminta Indonesia lebih siaga bencana di tahun 2019

Selain itu, Jokowi juga mengingatkan agar Indonesia terus memperkuat daya tahan, terutama dalam menghadapi bencana. Jokowi ungkap, pada APBN 2019, pemerintah bersama DPR telah mengalokasikan lebih banyak anggaran untuk edukasi bencana di kalangan masyarakat, dan melakukan mitigasi bencana alam.

“Dan sebagai negara yang berada di atas cincin api (ring of fire), memiliki kondisi geografis rawan bencana, kita harus siap, harus respon, sigap, sanggup menghadapi setiap bencana alam,” terang Jokowi.

Lanjut Jokowi, ia juga meminta agar edukasi bencana dilakukan secara konsisten dan sejak dini.

“Masuk dalam muatan yang diajarkan dalam sistem pendidikan kita, sehingga betul-betul kita siap menghadapi bencana yang ada,” tambahnya.

3. Jokowi harap agar ketertiban dan keamanan dijaga dalam memasuki tahun politik

Terakhir, kata Jokowi, karena Indonesia telah memasuki tahun politik, khususnya Pemilu Presiden dan Legislatif, ia meminta agar stabilitas keamanan dan ketertiban dijaga dengan baik. Menurutnya, bercermin di Pilkada serentak 2018, Indonesia pasti akan sukses juga menggelar Pemilu 2019.

“Dan saya yakin dengan pengalaman yang ada, pengalaman panjang dalam berdemokrasi, Insya Allah, Pemilu Legislatif, Pemilu Presiden secara serentak di tahun 2019 akan berlangsung aman, damai, dan demokratis,” ucapnya.

 

 

Sumber : Idntimes.com

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close